Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik 2017 Semester 2


Berikut ini merupakan panduan lengkap tahap instalasi aplikasi dapodik semester 2 yang kami bagikan untuk memudahkan rekan - rekan operator sekolah dalam pemasangan aplikasi dapodik terbaru.

Aplikasi Dapodik merupakan sebuah Aplikasi utama yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai acuan kevalidan data pada dinas pendidikan. 

Cara Praktis Install Aplikasi Dapodik 2017

Pada periode yang lalu Aplikasi dapodik terbagi menjadi beberapa versi dan hal itu akan dirasakan oleh Operator Sekolah (OPS) sangat sulit dan memakan waktu yang cukup lama dan rumit. Dapodik versi terdahulu terdiri dari:
  • Aplikasi untuk PAUD/TK
  • Aplikasi Dapodik untuk SD/SMP
  • Aplikasi Dapodik untuk SLTA

Setelah beberapa saat ini kalau tidak salah mulai tahun pelajaran 2016/2017 Aplikasi Dapodik berubah nama menjadi "Dapodikdasmen" yang diperuntukkan sekolah mulai dari Sekolah Dasar SMP, SLTA dalam bentuk 1 (satu) paket Aplikasi.

Adapun saat ini sudah dimulainya tahun pelajaran 22016/2017 pada semester 2, namun aplikasi yang ditunggu-tunggu baru rilis pada tanggal 31 januari 2017 sekitar pukul 00.00 WIB, sehingga kita selaku OPS segera melakukan berbagai kegiatan baru untuk memperbarui aplikasi dapodik.

Langkah yang perlu dilakukan dalam Cara Praktis Install Aplikasi Dapodik 2017 adalah:

Langkah awal kita buka website: di sini

2. Langkah berikutnya kita pilih menu unduhan (lihat gambar):

3. Langkah selanjutnya setela masuk pada menu unduhan, maka kita perlu hati-hati untuk menentukan pilihan (jangan sampai kliru) pilih yaitu pada menu "unduhan installer" (lihat gambar):

Perlu diketahui apabila kalian gagal masuk pada menu "unduhan installer" masih banyak link yang dapat dipergunakan (link alternatif) lihat gambar berikut;

Sukses masuk pada menu salah 1 link, maka Dapodik 2017 terdapat beberapa perubahan coba lihat gambar berikut ini:

Langkah yang paling akhir adalah hasil unduhan tersebut kita intall tanpa membuka aplikasi dapodik yang telah terinstal pada perangkat laptop OPS masing-masing.

Selesai sudah pekerjaan Cara Praktis Install Aplikasi Dapodik 2017 tinggal memperbaiki data yang perlu diubah atau diperbaruhi.

Keterangan tambahan: apabila terdapat penambahan PTK, maka OPS harus datang pada dinas kabupaten untuk menambahkan PTK baru tersebut, karena saat ini penambahan PTK baru dilakukan oleh OPS Kabupaten.

Sumber : https://sdasemrudungsatu.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik 2017 Semester 2"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.